1. Menyelenggarakan tugas umum pemerintahan dan melaksanakan urusan lain yang dilimpahkan oleh Walikota;
  2. Mengkoordinasikan pemberdayaan masyarakat, ketentraman dan ketertiban umum, pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum, mengkoordinir penyelenggaraan pemerintahan di kecamatan dan kelurahan, penegakkan peraturan perundang-undangan dan pelayanan tugas-tugas kemasyarakatan lainnya di tingkat Kecamatan;
  3. Melaksanakan pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan kecamatan;
  4. Memberikan kesempatan kepada aparat kecamatan untuk mengikuti diklat, pendidikan dan kursus baik yang dilaksanakan pemerintah maupun pihak lainnya;
  5. Mempelajari peraturan perundang-undangan dan kebijakan teknis lembaga pemerintahan terkait, pedoman pelaksanaan tugas;
  6. Merumuskan dan menetapkan rencana dan program kerja Kecamatan;
  7. Melaksanakan koordinasi dengan dinas-dinas daerah, instansi vertical dan unit kerja terkait dalam pelaksanaan tugas;
  8. Mengkoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan sosial dan peningkatan
    kesejahteraan masyarakat;
  9. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  10. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintah di tingkat
    Kecamatan;
  11. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi lingkup tugasnya dan atau yang belum dapat dilaksanakan oleh pemerintah Kelurahan;
  12. Membuat laporan pelaksanaan tugas sebagai bahan pertanggungjawaban kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.